Categories
Uncategorized

Mau Beli Genset 1 Phase? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Genset merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi yang sangat penting ketika listrik di rumah Anda mengalami kerusakan. Maka dari itu, ketika hendak membelinya, Anda harus memahami banyak hal, seperti kekurangan dan kelebihannya. Sama seperti genset lainnya, genset 1 phase terkini pun juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Anda yang ingin membeli genset satu ini, maka informasi yang kami bagikan di bawah ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Lantas, apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan genset jenis ini?

Kekurangan genset 1 phase

Jika Anda ingin membeli genset 1 phase, maka berikut ini merupakan kekuarangan dari genset tersebut, diantaranya yaitu:

  • Beban yang besar hanya akan ditampung pada 1 penghantar saja
  • Pada genset jenis ini, kerja generatornya akan jauh lebih ekstra.
  • Biasanya hanya terdiri dari dua penghantar saja yaitu phase R dan Netral.

Kelebihan genset 1 phase

Tidak hanya memiliki kekurangan, genset 1 phase juga memiliki banyak kelebihan yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Genset yang satu ini lebih ekonomis. Sebab, biasanya dengan daya 1000 Watt, genset tipe ini sudah bisa menyuplai dua rumah yang daya listriknya 500 Watt.
  • Sistem bekalan listrik pada genset ini banyak digunakan oleh pengguna domestika dan perkantoran atau pusat perdagaan yang masih kecil. Tetapi, juga sangat banyak rumah yang sudah menggunakan genset ini untuk mengatasi masalah listrik yang sering mati.
  • Sangat simpel karena genset ini hanya memiliki dua penghantar saja pada jaringannya.

Genset 1 Phase Banyak Digunakan di AS

Biasanya, negara-negara yang sudah menggunakan sistem 120 Volt seperti negara Amerika Serikat, genset jenis ini banyak digunakan. Nantinya, transformer tempatan akan langsung dihubungkan ke talian voltan tinggi dan tiga talian voltan yang rendah nantinya akan diigunakan untuk menyuplai listrik ke rumah-rumah. Ketiga kabel tersebut akan disambungkan pada bagian tengah lilitan sekunder yang selanjutnya akan berperan sebagai kabel netral. Maka dari itu, genset ini akan memberikan voltan sebesar 120 Volt yang sambungannya dari Phase ke Netral, tetapi akan memberikan voltan sebesar 240 V dari yang sambungan dari Phase ke Phase.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *