izin genset esdm

Peraturan Penegakan Generator Operasional (SLO) sesuai dengan Pasal 44 UU No. 30, 2009 tentang Ketenagalistrikan, yang menetapkan bahwa semua instalasi listrik yang beroperasi memerlukan SLO.

Ketentuan ini hanya berlaku untuk instalasi baru, yaitu. H. Instalasi yang akan digunakan harus disertifikasi sebagai operasional oleh pihak independen yang bersertifikat.

Penerapan ketentuan ini melayani keselamatan yang diatur oleh Undang-Undang Ketenagalistrikan, khususnya untuk mencegah kebakaran dan kejutan listrik

Peraturan tentang keamanan listrik mencakup pemenuhan standardisasi peralatan dan penggunaan listrik, pengamanan instalasi listrik dan pengamanan penggunaan listrik. Mengenai biaya SLO untuk instalasi listrik sesuai dengan Peraturan No. 8 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral 2016b dan ini adalah izin genset esdm

Sementara itu, para pengusaha menentang perintah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, di mana para generator harus memiliki sertifikat yang menjamin pengoperasian fasilitas tertentu, dan ada hukuman pidana dan denda hingga Rp 500 juta. generator sudah bekerja melalui SNI.


Sebagai penasihat lisensi, kami siap membantu Anda dalam memberikan persetujuan. Untuk informasi yang lebih terperinci atau untuk mendapatkan informasi tentang syarat dan ketentuan perizinan untuk pengoperasian genset, silakan hubungi kami.

SERTIFIKAT LISENSI OPERASI

Banyak pemilik generator tidak menyadari bahwa kepemilikan generator harus dilengkapi dengan Izin Operasi (IO) dan Sertifikat Kelayakan untuk Operasi (SLO) untuk operator mesin generator.
Bahkan, aturan yang mengatur kepemilikan generator sudah diatur dalam Undang-Undang Ketenagalistrikan No. 30 tahun 2009, yang menetapkan bahwa semua instalasi listrik yang beroperasi harus memiliki SLO.
Ironisnya, banyak generator di wilayah Jawa Tengah belum memberi tahu atau mengajukan izin operasi (IO) kepada pihak yang berwenang. “Kami hanya memberikan sekitar 1.400 izin untuk beroperasi, angka yang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah pemilik set generator di semua wilayah Jawa Tengah,” kata kepala Biro ESDM Jawa Tengah, Teguh Dwi Paryono, pada pembukaan Sertifikat Kompetensi untuk operator PLTD untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Semarang pada Selasa (3/7).
Sanksi terhadap pemilik generator yang tidak menyelesaikan IO dan SLO tidak memainkan game. Fisik dan denda miliaran Rupiah. “Ya, jika undang-undang menetapkan sanksi, hukuman minimal 5 tahun dan denda minimal 500 juta rupee,” kata Teguh Dwi Paryono.
Teguh mengingatkan pemilik generator untuk segera mengisi lisensi operasi untuk mesin generator, terutama untuk mesin dengan lebih dari 25 KVA. Yakni, dengan mengajukan izin dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah.
Terima kasih telah sudi membaca artikel ini , semoga dengan adanya artikel ini dapat membatu usaha anda apabila membutuhkan energi listrik lebih. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih semoga bermanfaat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*