Ciri-Ciri genset solar

Genset atau singkatan kata genset solar adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan listrik dengan cara sederhana. Karena energi yang dihasilkannya berasal dari energi mekanik di dalam mesin. Sedangkan untuk mesinnya sendiri, ia akan beroperasi berdasarkan bahan bakar yang terkandung di dalamnya. Bahan tersebut adalah pemicu utama dari proses pembakaran di dalam mesin, yang kemudian akan menghasilkan energi mekanik, seperti halnya dengan mesin genset solar, yang membutuhkan bahan bakar untuk pekerjaannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis generator yang dapat Anda bedakan sesuai dengan bahan bakar yang dimilikinya, termasuk:
Jenis genset solar pertama dikenal sebagai konsumsi bahan bakar diesel. Genset solar jenis ini sering disebut generator diesel atau generator diesel. Diesel dikenal sebagai bahan bakar utama yang digunakan untuk menggerakkan diesel. Ini mengacu pada penggunaan generator yang dapat menghasilkan listrik berkapasitas tinggi. Bahkan listrik mencapai kisaran 10.000 hingga 100.000 watt per 100 KVA. Oleh karena itu, generator jenis ini dikenal sebagai pembangkit listrik yang digunakan dalam berbagai acara besar.


Genset bensin
Untuk jenis generator bahan bakar bensin lebih dikenal sebagai genset solar bensin. Berbeda dengan jenis generator yang ditetapkan di atas, generator ini dikenal sebagai bahan bakar bensin, yang digunakan sebagai bahan bakar utama yang dimilikinya. Karena itu, generator tunggal ini tidak jauh berbeda dengan jenis kendaraan bermotor, generator bahan bakar jenis bensin ini juga dibagi menjadi 2 bagian yang berbeda, yaitu tipe 2 dan 4 langkah. Untuk jenis generator 2 mereka umumnya tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan ukuran 1000 watt. Mengenai jenis generator dengan ukuran 4 itu tidak dapat menghasilkan kapasitas daya yang lebih bervariasi.

Gasket bahan bakar gas
Berbeda dengan dua jenis generator di atas, sebelumnya, untuk jenis generator ini, dikenal sebagai bahan bakar gas yang digunakan olehnya, gas itu sendiri umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk memindahkan mesin dari generator itu sendiri. Sedangkan gas yang mereka gunakan adalah CNG atau gas alam terkompresi. Namun selain gas ini ada juga jenis gas LPG yang bisa dijadikan alternatif pilihan lain. Untuk penggunaan gas CNG, umumnya hanya digunakan oleh perusahaan besar, ini mengacu pada penggunaan jangka panjangnya. Selain itu, harga yang dimilikinya jauh lebih mahal, karena ini tidak efisien untuk digunakan untuk kebutuhan rumah.

Genset bertenaga surya
Genset bertenaga surya tidak jauh berbeda dengan generator berbahan bakar gas. Tetapi ini lebih ditujukan untuk penggunaan rumah tangga. Generator ini umumnya ditempatkan bersamaan dengan beberapa bagian lain, seperti panel surya. Generator tenaga surya juga dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan alat elektronik seperti halnya pendingin ruangan atau bahkan pemanas air Genset ini adalah produk Yamaha dengan haga termurah, memiliki kualitas bagus dan dengan garansi 1 tahun

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*