Cara Membuat skema ats genset pln Panel AMF (Automatis Main Failure) untuk menghidupkan Genset Otomatis

Skema ats genset pln : Rangkaian AMF atau Automatis Main Failure adalah rangkaian yang digunakan untuk menghidupkan genset secara otomatis dan mematikannya kembali secara otomatis dengan adanya gaya yang menentukannnya. Misalnya jika listrik PLN mati (gangguan), maka genset akan hidup dan jika listrik PLN kembali hidup, maka genset akan otomatis mati.


Rangakaian AMF ini biasanya digunakan berbarengan dengan rangkaian ATS. Rangkaian ATS adalah sebuah rangkaian yang dapat memindahkan suplay daya untuk rumah secara otomatis.

Genset sendiri terdiri dari panel-panel yang identik terhadap pengontrolan dan dirancang secara manual ataupun otomatis untuk generator listrik. Panel AMF/ATS yang terbaik hanya bisa di dapatkan di Distributor Genset HARTECH yang menyediakaan berbagai kelengkapan mesin genset dengan harga genset yang terjangkau dan panel ini biasanya ada yang bersifat digital maupun konvensional. Sebenarnya panel-panel generator seperti itu terbagi menjadi Panel ATS (Automatic Transfer Switch), Panel AMF (Automatic Main Failure) dan Panel Synchronizing Generator. Adapun masing-masing penjelasan tentang panel pada generator set di atas, adalah sebagai berikut :

Automatic Tranfer Switch (ATS)
ATS (Automatic Transfer Switch) adalah sebuah rangkain elektrik listrik yang memiliki fungsi sebagai saklar yang beroperasi otomatis ketika terjadi pemutusan arus listrik terencana atau mendadak, maka secara otomatis panel akan bekerja sendiri memindahkan pengambilan sumber listrik dari sumber lain yang pada umumnya menggunkan mensin genset atau diesel. Sebagai sumber listrik baru. Begitu pula sebaliknya ketika daya listrik dari PLN sudah menyala maka secara otomatis pula genset akan mati sendiri dan kembali sumber listrik PLN yang di pakai.

Automatic Main Failure
AMF (Automatic Main Falure) adalah rangkaian elektrik pada panel yang bekerja secara otomatis untuk mematikan atau menghidupan dan mematikan generator genset secara sendiri tanpa campur tangan manusia alias otomatis. Prinsip standarnya adalah apabila listrik PLN mati maka panel AMF akan langsung menyalakan genset secara otomatis dan mengalirkan aliran listrik dan sebaliknya apabila listrik PLN hidup makan secara otomatis pula panel AMF akan mematikan generator genset.

Cara kerja dari rangkaian kontrol panel genset ATS, dalam kondisi suplay PLN atau utama yang bekerja biasanya kontraktor PLN. Di mana kontraktor PLN bekerja jika arus listrik akan mengalir lewat MCB PLN. Bila terjadi pemadaman secara otomatis oleh PLN maka rangkaian pun tak akan aktif, rangkaian ini pun siap menunggu sampai listrik PLN menyala lagi, dengan begitu suplai generator set pun masuk kembali. Bila yang masuk merupakan listrik generator dengan begitu rangkaian secara otomatis melakukan suplai listrik pada generator menuju beban dengan otomatis lewat kontak NC Relay, Kontak NC kontraktor PLN, dan MCB GNS untuk dapat mengaktifkan kontraktor pada GNS.

Lalu, bila sumber listrik dari PLN menyala kembali, dengan begitu rangkaian pun secara otomatis akan memutus sumber aliran listrik pada generator, lewat pengaktifan bagian kotak relay. Di saat yang bersamaan, kontak pada NO Timer atau Normally Open Timer menunggu agar bisa terhubung sesuai pengaturan waktu. Dengan begitu mengalirkan sumber arus listrik menuju kontraktor PLN. Di mana lewat masuknya aliran listrik di PLN sehingga semua coil pun pada kondisi yang tidak aktif. Dengan begitu rangkaian aman serta boleh dirakit. Untuk merakit panel ATS ini memerlukan box panel, timer atau on delay, MCB, socket relay, socket timer, kabel, kabel ties, terminal konektor, kontraktor dan juga lampu indikator.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan di mana generator berperan begitu vital untuk menyediakan segala keperluan sumber daya secara alternatif. Panel-panel utama yang terdapat pada generator set memberikan fungsi yang berbeda-beda demi menunjang kinerja dari generator listrik itu sendiri. Seperti halnya fungsi dan prinsip kerja pada sistem kontrol panel ATS yang terdapat pada genset sebagai pengontrol sumber aliran listrik.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*