BAGAIMANA CARA menghidupkan genset YANG BENAR DAN menutup GENSET? SETELAH OPERASI

genset sebagai salah satu alat yang dapat memasok daya ketika sumber listrik utama terputus dari PLN. genset umumnya memiliki banyak jenis yang dijual di pasaran untuk memenuhi permintaan. Dalam industri profesional, generator set atau yang disebut generator adalah alat yang sangat diperlukan di pabrik, gedung perkantoran dan tempat-tempat lain yang membutuhkan ketersediaan daya listrik.

Distribusi alat ini sangat luas dan ada ahli yang kompeten atau memiliki sertifikasi resmi untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan khusus. Bahkan hari ini, siapa pun dapat dengan mudah membeli generator online melalui situs / aplikasi belanja online. Namun, melakukan pembelian online juga perlu berhati-hati dan berhati-hati tentang kondisi alat ini. Apakah ada kerusakan atau tidak sesuai dengan generator yang dibeli dengan spesifikasi tertulis.

Bagi Anda yang belum yakin bagaimana SOP yang benar dalam cara menghidupkan genset, ada panduan di sini yang dapat Anda ikuti.

1. Petunjuk untuk menyalakan generator


– Pertama periksa kondisi bahan bakar yang dikonsumsi oleh generator, apakah masih ada atau habis.

– Langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian lain, seperti: B. air radiator, air baterai, oli mesin, kabel baterai dan kabel motor. Pastikan semuanya dalam kondisi baik atau tindakan korektif diperlukan, misalnya. Misalnya menambahkan air dari pendingin atau mengganti kabel yang rusak.

– Setelah semua komponen tidak memiliki masalah, Anda dapat membuka panel dan kemudian mulai dengan menekan / menggerakkan saklar daya ke posisi hidup. Ingatlah bahwa butuh sekitar 10 menit untuk menghangatkan generator.

Baca juga: Cara Menggunakan Generator untuk Fungsi Optimal

– Selama waktu ini, Anda dapat memeriksa kembali meteran oli, pengisian daya baterai, suhu air, meteran AC, meteran frekuensi, dan komponen meteran jam apakah ada masalah dengan mesin berjalan atau tidak.


– Setelah proses pemanasan selesai, generator siap memasok daya. Jika proses pemanasan tidak selesai, tidak disarankan untuk menggunakan generator secara langsung untuk catu daya. Ini untuk mencegah kerusakan pada komponen generator dan untuk menyalakan generator dalam jangka waktu yang lama.



2. Petunjuk untuk mematikan generator


– Jangan mematikan generator segera setelah operasi selesai.

– Pastikan tidak semua komponen listrik terhubung ke aliran arus generator, segera turunkan pemutus sirkuit dan tunggu hingga 5 menit untuk mendinginkan generator motor, yang panas karena berfungsi sepanjang hari.

Kemudian Anda dapat mematikan generator mesin dan menyimpannya di tempat yang aman (jauh dari panas, tidak terkena air, bukan udara lembab) sehingga tidak mudah rusak.

Ini adalah beberapa pedoman SOP yang cocok untuk menghidupkan dan mematikan generator yang dikenal sehingga motor generator tidak mudah rusak. Ini semua informasi Quality Technic sebagai pemasok layanan sewa generator murah di Jakarta

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*